Dewan Desak Pemda Pidie Segara Ganti Ambulance di Puskesmas Geumpang

Sigli - Anggota DPR Kabupaten Pidie, Hisbullah meminta pemerintah segera melengkapi transportasi kesehatan di Puskesmas Gampang yang rusak akibat kecelakaan pada Minggu malam, 29 Oktober 2023.

Desakan itu dilontarkan Hisbullah, menyikapi kekhawatiran masyarakat dikawasan tersebut terhadap tidak adanya armada ambulance untuk pasien emergency.

"Dinas kesehatan harus segera mencari armada lain untuk fasilitas transportasi pasien di Geumpang," ujar Hisbullah, Senin, 30 Oktober 2023.

Apalagi kawasan Gampang merupakan kawasan terluar di Kabupaten Pidie, kecamatan ini berada persis di kawasan pengunungan dan berbatasan langsung dengan Aceh Barat.

Fasilitas rumah sakit terdekat yang dapat dijangkau pasien rujukan dari Geumpang, yakni Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tgk Abdullah Syafii Beuruenuen.

"Jaraknya cukup jauh kerumah sakit, perlu fasilitas ambulance yang layak dan 'sehat', karena medannya cukup berat," pinta Hisbullah.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pidie, dr Arika Husnayanti mengatakan akan segera mencari jalan keluar untuk mesalah ketersediaan ambulance di Puskesmas Gaumpang.

Untuk sementara waktu menjawab kebutuhan mendesak pasien dikawasan itu, pihaknya akan mengarahkan ambulance dari layanan tanggap darurat Public Safety Center (PCS) 119.

"Saat ini, ambulance tanggap darurat PSC 119 akan kita pinjamkan untuk Puskesmas Geumpang dan diback up ambulance dari Puskesmas Mane," terang Arika.

Seperti diketahui, ambulance Puskesmas Gempang hilang kendali dan jatuh kedalam jurang dikawasan jalan Tangse - Geumpang, Dusu Blang Jamboe Mie, Gampong Mane, Kecamatan Mane saat merujuk pasien ke RSUD Tgk Abdullah Syafii.

Untung, seluruh penumpang ambulance tersebut selamat dari insiden mengerikan itu, namun kendaraan mengalami kerusakan parah