220 Perempuan Pidie Bertarung Pada Pileg 2024

 

Pajangan bendera partai politik peserta Pemilu di Kabupaten Pidie, Sabtu 2 November 2023
 
Sigli
– Komisi Idependen Pemilihan (KIP) Kabupaten Pidie telah mengumumkan 664 bakal calon anggota legislatif (bacaleg) memenuhi syarat ikut Pemilu tahun 2024 mendatang.

Nama-nama peserta pemilu itupun sudah dimasukkan dalam daftar calon tetap (DCT), terdiri dari 448 laki-laki dan 220 orang perempuan, sementara dua calon dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS).

Kasubbag Teknis dan Hupmas KIP Kabupaten Pidie, Neti Saparita kepada wartawan menyebutkan, dua caleg yang tidak memenuhi syarat tersebut antara lain meninggal dunia, satu celeg lain terdaftar dalam dua partai.

“Dalam masa pergantian kemaren itu, dua orang ini tidak dilakukan pergantian oleh partai,” ujar Neti, Sabtu 4 November 2023.

Dalam proses finalisasi  dan verivikasi data calon anggota DPRK Pidie, pihaknya juga menemukan puluhan keuchik atau perangkat desa di Kabupaten Pidie belum menyampaikan pengunduran diri dari jabatan tersebut.

Meski begitu, dalam aturan terbaru, perangkat desa atau keuchik yang melum menyampaikan SK pemberhentian masih diberi kelonggaran waktu hingga satu bulan.

“Bagi keuchik atau perangkat desa yang belum ada SK mundur, masih bisa disampaikan sebulan setelah penetapan DCT,” ujarnya.