Tim 'Aceh Peduli Palestina' Sumbang Rp 65,5 Juta Untuk Warga Gaza

Banda Aceh -- Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Aceh bersama Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Aceh dan dukungan relawan tanggap bencana Universitas Iskandar Muda (Unida) Banda Aceh berhasil kupulkan puluhan juta untuk membantu warga Gaza-Pelestina.

Dana hasil penggalangan sebesar Rp 60.583.801 tersebut sudah diserahkan MER-C Indonesia disela-sela kegiatan penutupan Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke-8 di Taman Ratu Safituddin, Banda Aceh, Minggu sore, 12 November 2023.

Dana dari warga Aceh itu diterima Presidium MER-C Indonesia, dr. Henry Hidayatullah.

Ketua PWI Aceh, Nasir Nurdin dalam laporannya menyebutkan, pihaknya (PWI dan IJTI) diberi ruang selebar-lebarnya oleh Penjabat Gubernur Aceh melalui Kadisbudpar Aceh untuk memanfaatkan momentum PKA-8 guna menggalang dana kemanusiaan untuk Palestina.

Selanjutnya, kata Nasir, pihaknya menggandeng lembaga sosial kemanusiaan MER-C Indonesia sebagai mitra yang akan menyalurkan bantuan itu ke Palestina.

Dukungan juga diberikan oleh Bank Aceh. Sedangkan untuk penggalangan di lapangan melibatkan Relawan Tanggap Bencana Unida dipimpin koordinatornya, Yulindawati.

 “Terima kasih kepada semua pihak termasuk kepada BPBD Kota Banda Aceh yang telah membantu tenda posko untuk mahasiswa Unida di Taman Adhyaksa Simpang Tiga dan Pimpinan PLN Aceh yang memfasilitasi penerangan listrik posko,” kata Nasir Nurdin.

Tak sampai empat hari

Proses penggalangan bantuan kemanusiaan yang dilakukan Tim Aceh Peduli Palestina efektif 3,5 hari yang dimulai 9 November 2023.

Selain penggalangan oleh mahasiswa Unida juga melalui kotak amal di depan Stand PWI dan IJTI di arena PKA-8. 

Juga dibuka rekening Aceh Peduli Palestina di Bank Aceh dengan nomor rekening 500.02.24.5050-0 dan layanan QRIS.

“Kami sangat terharu karena penggalangan melalui kotak amal di arena PKA didominasi oleh anak-anak yang dipandu oleh orangtua mereka,” kata Ketua IJTI Aceh, Munir Nur.

Total dana yang terkumpul hingga closing pada Minggu siang, 12 November 2023 mencapai Rp 60.583.801. 

Dari jumlah tersebut termasuk Rp 25 juta donasi yang dikumpulkan langsung oleh Bank Aceh untuk segera disalurkan oleh MER-C Indonesia ke Palestina.

“Masyarakat Aceh berharap kepada MER-C Indonesia agar secepatnya menyalurkan amanah ini untuk saudara-saudara kami di Palestina,” kata Ketua PWI Aceh, Nasir Nurdin.

Dalam sambutan singkatnya ketika menerima penyerahan dana tersebut, Presidium MER-C Indonesia mengatakan ini bukan yang pertama menerima donasi dari masyarakat Aceh.

Sebelumnya masyarakat dan Pemerintah Aceh pernah menyumbang hingga Rp 7,5 miliar dan digunakan untuk pembangunan RS Indonesia di Gaza Utara, di mana dua ruangan di RS tersebut menabalkan nama pahlawan Aceh Tgk Chik Di Tiro dan Cut Nyak Dhien.

“Terima kasih kepada pemerintah dan masyarakat Aceh. Insya Allah bantuan yang kami terima kali ini bisa segera kita salurkan,” demikian Henry Hidayatullah.[]