Empat Caleg Perempuan Diprediksi Lolos ke DPRK Pidie, Dua Petahana

Sigli, nalurinews.com -- Keterwakilan perempuan di Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Pidie diprediksi akan menyusut drastis hasil Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Berdasarkan data yang dihimpun nalurinews.com, jumlah perempuan yang akan memperkuat legislatif Pidie periode 2024-2029 hanya tersisa empat orang dari sebelumnya tujuh orang.

Wakil perempuan yang diprediksi lolos ke DPRK Pidie antara lain Hj Yulita dan Elidawati caleg dari Partai Aceh dapil 5 meliputi Kecamatan Delima, Batee, Padang Tiji dan Kecamatan Muara Tiga.

Selanjutnya ada nama Siti Hawa caleg  Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dari Dapil 3 (Glumpang Tiga, Glumpang Baro, Mutiara Timur dan Kembang Tanjong).

Gerindra juga berhasil mengutus satu perwakilan perempuan untuk memperkuat DPRK Pidie, Rustina maju dari dapil 5 juga diprediksi lolos dengan meraup 3.050 suara badan.

Dari empat wakil perempuan tersebut, dua calon merupakan petahana dan masih aktif sebagai anggota DPRK Pidie periode 2019-2024, yakni Elidawati dan Rustina.

Meski begitu, hingga saat ini proses rekapitulasi suara hasil pemilu masih terus bergulir di tingkat kecamatan, sejumlah namapun terus diprediksi lolos menduduki kursi Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Pidie.