Potret Air Terjun Alue Jok di Pidie

Sigli | Dataran tinggi di Kabupaten Pidie menyimpan potensi wisata cukup besar, tinggal saja kesadaran masyarakat untuk mengelolanya dengan baik. Salah satunya, air terjun Alue Jok di Dusun Blang Jambo Mie, Gampong Mane, Kecamatan Mane, Kabupaten Pidie.




Jika anda kebetulan melintasi kawasan Mane, tidak salah jika mencoba mengunjungi spot air terjun ini dan dijamin anda akan bertah berlama-lama di sini.

Lokasi air terjun ini tergolong sangat mudah diakses, karena hanya bejarak sekitar 50 meter dari badan jalan Beureunuen-Meulaboh, Aceh Barat atau tepatnya di Dusun Blang Jambo Mie, Mane.


Husaini (27) bersama temannya sudah pernah mencoba menikmati sensasi dari air terjum Alue Jok di Dusun Blang Jamboe Mie itu saat melakuka petualangan Arung Jeram di Kecamatan Mane.

Pada spot pemberhentian arung jeram itulah, ia dipandu untuk tim arung jeram diarahkan untuk mengunjugi lokasi arung keram itu.

Hanya beberapa menit berjalan kaki, Ia bersama teman-temannya sudah mendengar gemuruh air yang jatuh dari ketinggian dan tiupan angin sejuk yang terhempas dari lokasi.


"Tempatnya masih asri banget, kita seperti memasuki lorong rindang yang diapit dinding bebatuan dan dingin banget," cetusnya.

Kondisi air yang jernih nan sejuk memicu para peserta arung jeram tidak mau melewatkan momen itu, satu persatu dari mereka melompat ke dalam genangan air yang sudah membentuk palung tersebut.

Sesekali, mereka yang kegirangan melakukan aksi akrobatik dengan melakukan salto ke dalam air, tentu perlu keahlian yang sudah terleruji untuk melakkan aksi agar tidak cedera.

Genangan air di bawah air terjun itu tergolong dalam, karena terus dari dikikis dari air yang jatuh dari ketinggian sekitar 13 meter dari tebing terjal.

"Tempat bikin betah berlama-lama, bersih dan segar banget airnya, lokasinya juga sangat mudah diakses," terang Husaini. Meski lokasinya sangat dekat, lokasi wisata air terjun Alue Jok belum dijamah banyak orang, sehingga keasriannya masih terjaga.