Panen 20 Ha Jagung Pidie, Pj Bupati Pidie : Keuntungan Kita Dikaruniai Tanah Subur

Sigli, nalurinews | Sejumlah petani kakau kakoe di Kecamatan Glumpang Tiga, Kebupaten Pidie mulai beralih dengan membudidayakan tanaman jagung disejumlah lahan didaerah itu.

Sejumlah lahan perkebunan di Gampong Cot Tunong yang sebelumnya ditanami coklat dikini sudah disulap menjadi hamparan perkebunan jagung.

Para petani rela memotong batang-batang kakoe yang sudah tidak lagi produktif untuk bisa menyemai bibit jagung sebagai tumpuan perekenomian petani dikawasan itu.

Penjabat Bupati Pidie Wahyudi Adisiswanto menargetkan Kabupaten Pidie menjadi salah satu daerah penghasil jagung terbanyak di Aceh sehingga dapat mendongkrak perekonomian petani.

Disebagian wilayah, terang Wahyudi jagung digunakan sebagai penganti beras sebagai makanan pokok dan rendah gula, tentunya.

“Kita didukung tanah yang subur diberikan sang pencipta, kami yakin dengan ketekunan semua akan menjadikan Pidie sebagai daerah menghasil jagung terbesar di sumatera," kata Pj Bupati Pidie Wahyudi Adisiswanto.

Terget capian jangka panjang itu diutarajan Wahyudi disela-sela panen jagung di kawasan Gampong Cot Tunong, Kecamatan Glumpang Tiga bersama Kepala Distanbun Provinsi Aceh, Cut Huzaimah, Kadistangan Pidie, Hasballah, Sabtu 18 November 2023.

Hingga saat ini, luas area pengembangan tanaman jagung di Kabupaten Pidie mencapai 120 hektar dan ditergetkan terus meningkat hingga 1200 hektar pada tahun depan.

Pengembagan jangung juga mendapat perhatian serius dari pemerintah pusat, tahun depan para petani akan mendapatian suntikan bantuan untuk mendongkrak produktifitas dan luas area tanam.

"Nanti akan dibantu bibit jagung dari pemerintah, mudah-mudahan juga dapat bentuan alat dan fasilitas penunjang untuk sektor jagung ini," timpanya.

Sementara Kepala Distanbun Provinsi Aceh, Cut Huzaimah menyebutkan, Kabupaten Pidie akan menjadi salah satu daerah pengembangan komuditi jagung di Aceh.

Menurut Cut Huzaimah, sudah selayaknya petani di Pidie tidak hanya terpaku menanam padi saja, terdapat banyak lahan tidur yang belum digarap secara maksimal, disamping memang komuditi jagung juga lagu keras dipasaran dengan harga yang relatif normal.

"Jagung merupakan komoditi strategis dengan harga yang cukup stabil, kadang agen ambil sendiri kekebun-kebun warga dengan harga sama," terang Huzaimah.