60 UMKM Meriahkan Expo 2023 di Pidie

Sigli, nalurinews.com - Sedikitnya 60 usaha, mikro kecil menengah (UMKM) ikut ambil bagian dalam pegelaran Expo 2023 di Komplek PCC Sigli, Kabupaten Pidie.

Sejumlah produk pun diperkenalkan dilokasi, sebagian besar merupakan hasil karya dan kreatifitas para pelaku usaha di Aceh, mulai dari makanan, hiasan, pakaian, hingga sejumlah produk lain.

Penjabat Bupati Pidie, Wahyudi Adisiswanto dalam sambutan pembukaan, Sabtu, 3 Desember 2023 malam menyebutkan, pergelaran expo sebagai upaya pemerintah mendongkrak perekonomian masyarakat, terutama pelaku usaha.

Pameran sejumlah produk UMKM di arena Expo juga bagian dari media edukasi dan promosi yang efektif sehadap sejumlah sejumlah produk-produk lokal yang memiliki daya saing yang tinggi.

"Beragam produk yang dihasilkan UKMK Aceh memiliki daya saing sendiri di pasar nasional, ini menjadi ajang modal awal untuk kebangkitan UMKM di Aceh," ujar Wahyudi disamping Plt Sekda Pidie, Samsul Azhar.
Sementara Anggota DPR Aceh, Anwar Husen meminta pemerintah terus mendorong UMKM agar berlambang pesat agar memberikan dampak bagi pertumbuhan ekonomi dan mampu menekan inflasi.

Kebangkitan UMKM lokal, diyakini Anwar salah satu cara efektif bagi pemerintah dalam menongkrak pertumbuhan ekonomi di Aceh, tentu melibatkan masyarakat dengan luas.

“Cintailah produk-produk lokasi yang diproduksi UMKM, jangan doyan dengan produk branded, toh produk UMKM kita juga berkualitas dan beragam," terang Anwar.

Hadir juga dalam acara pembukaan itu, Kapala Dinas Koperasi dan UMKM Aceh, Azhari dan sejumlah perangkat provinsi Aceh.

Rencana, Expo UKKM Aceh 2023 akan digelar hingga tiga hari kedepan, sejumlah antraksi dan budaya ikut ditampilkan di panggung utama acara expo tersebut.