Rawat Budaya, Seniman Nusantara dan Lokal Akan Berkolaborasi di PCC Pidie

Sigli, nalurinews.com - Sejumlah seniman nusantara akan hadir dalam pergelaran budaya di komplek Pidie Convention Center (PCC) pada Jumat, 22 Desember 2023 malam ini.

Lima tokoh nasional yang tampil yakni Teguh Haryono, Gus Abdulloh Hamid, Gus Benny Zakaria K, Gus Paox Iben Mudhaffar dan Dalang Sujiwo Tejo salah satu seniman sekaligus budayawan kondang.

Ketua Panitia Pelaksana, Heris Heryanto kepada wartawan mengatakan, Dalang Sujiwo Tejo dan tim akan berkolaborasi dengan para seniman lokal Aceh seperti Agus Nurmal PMTOH.

Sejumlah kesenian lokasi ikut ditampilkan pada panggung utama, seperti ratoeh jaroe, tari seudati, tari saman, gema selawat, seni tutur Aceh, serunai kali.

"Pertunjukan ini mengusung tema 'Pidie Negeri Mulia', akan ada kolaborasi antar seniman lokal dan nasional di panggung nanti malam," ujar Heris.

Tujuan utama dari pertunjukan para seniman dan tokoh budayawan diharapkan agar budaya lokal bisa terus eksis, untuk kepentingan global agar budaya nusantara tetap terjaga lestari dan mendunia.

Haris menambahkan, daulat budaya nusantara tersebut bergulir di semblilan titik se-Indonesia, salah satu lokasi di Aceh digelar di Kabupaten Pidie.

Sembilan lokasi pergelaran daulat budaya nusantara antara lain di Kediri, Jawa Timur; Jepara, Jawa Tengah; Putwakarta, Jawa Barat; Nusantara, Kalimantan Timur; Alor, Nusa Tenggara Timur; Anambas, Kepulaun Riau; Pidie, Aceh; Ternate, Maluku; Jaya Pura, Papua.

"Di Aceh, kegiatan ini hanya dibuat di Pidie, makanya perwakilan pejabat provinsi, porkopimda dan porkopimcam Pidie akan hadir," terang Heris.