Tenaga Lipat Susu di Pidie Membludak

Antrian peserta lipat dan sortir surat suara di depan gudang penyimpanan logistik Pemilu di Tijue, Pidie, Rabu 10 Januari 2024.

Sigli, nalurinews.com – Sedikitnya 500 orang dilibatkan untuk proses sortir dan lipat surat suara (susu) Pemilu 2024, jumlah tersebut lebih besar dari yang direncanakan Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Pidie.

KIP sebelumnya hanya akan melibatkan 300 personil untuk menyortir dan meripat 1.606.795 lembar susu untuk pemilihan pemilihan presiden, DPR RI, DPD, DPR Aceh, DPR Kabupaten Pidie.

Ketua KIP Kabupaten Pidie, Ramli Usman, Rabu 10 Januari 2024 mengaku tidak mungkin menolak kedatangan warga yang ingin berpartisipasi dalam proses pelipatan dan penyortiran surat suara.

“Target kita kemaren 300 orang, tapi yang datang sudah 500 orang, ya dilibatkan juga,” ujar Ramli.

Dengan tambahan banyak personil diharapkan bisa mempercepat proses pelipatan dan penyortiran susu, semantara biaya sortir dan pelipatan masih sama.

Biaya yang disepakati, tambah Ramli untuk sortir dan lipat susu pemilihan presiden sebesar Rp 250 per lembar, sementara untuk susu DPD, DPR RI, DPR Aceh hingga DPR Kabupaten dihargai Rp 350 per lembar.

“Terget kita maksimal 10 hari, tapi kemungkinan akan lebih cepat,” timpa Ramli.

Proses penyortiran dan pelipatan susu dilakukan di Gudang Logistik Pemilu di Tijue, Pidie dengan penjagaan ketat dari pihak kepolisian Resort Polres Pidie.