DLH Pidie dan Mapala Cempaga Masuk Kampus, Kampaye Pentingnya Menjaga Lingkungan

Sigli, nalurinews.com -- Kerusakan lingkungan masih menjadi ancaman serius bagi keberlangsungan hidup manusia di seluruh dunia, perlu menumbuhkan kesadaran menjaga lingkungan sejak dini.

Mengandeng Mapala Cempaga Stikes Medikal Nurul Islam Sigli, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pidie mulai menyasar sejumlah kampus di Pidie untuk membagi pengetahuan tantang bahaya sampah dan lingkungan hidup.

Kepala DLH Kabupaten Pidie, Firman Maulana S.STP, M.AP, Kamis, 13 Juni 2024 menyebutkan, tahun ini pihaknya meluncur pogram sosialisasi sadar lingkungan dengan menyasar organisasi penguat alam dan lingkungan, perguruan tinggi, sekelas sekolah-sekolah.

Sedikitnya 50 peserta nimbrung dan antusias mengikuti sosialisasi sadar lingkungan di kampus Stikes Medikal Nurul Islam Sigli, Rabu siang.

"Mereka adalah corong kampanye kepada masyarakat, begitu juga mahasiswa dan pelajar," tarang Firman. 

Dalam kesempatan itu, ia berharap para peserta dapat mengiplementasikan pengetahuan tentang lingkungan hidup dalam lingkungan sekolah, kampus ataupun saat berada di tengah-tengah masyarakat.

"Bahaya sampah harus menjadi tanggung jawab kita masing-masing, jangan sampai sampah yang kita buang menjadi menjadi kuzharat bagi orang lain dan lingkungan," timpa Firman.

Ketua Mapala Cempaga, Abdi berjanji akan terus menjaga alam dan lingkungan, khususnya di Pidie dan terus mengkampanyekan tantang kehidupan indah dan nyaman tanpa sampah.

"Sampah pangkal kerusakan lingkungan, kami akan terus menyuarakan itu," tutur Abdi.
Dalam kesempatan itu, Wakil Ketua III Stikes Medikal Nurul Islam Sigli, Azhar Muallim M.Kep berharap pemerintaj Kabupaten Pidie bisa terus mengunjungi kampusnya untuk memberi pemahaman tentang sadar lingkungan hidup untuk kesehatan. 

"Kami berharap kerja sama kegiatan seperti ini bisa terus dilakukan, karena sejalan dengan pendidikan yang pelajari mahasiswa," sambung Azhar.