Demi Bisa Garap Sawah, Warga Tangse Swadaya Perbaiki Bendungan

Proses kegiatan swakelola perbaikan bendungan irigasi di Gampong Blang Bungong, Kecamatan Tangse, Pidie, Selasa, 26 Desember 2023.

Sigli, nalurinews.com
– Sejumlah petani di Kemukiman Layan, Kecamatan Tangse, Kabupaten Pidie sempat berputus asa, karena terancam tidak bisa mengarap lahan pertanin untuk tenaman padi pada musim rendengan tahun ini.

Pemicunnya, karena bendungan irigasi yang jebol beberapa tahun sebelumnya di Gampong Blang Bungong belum tertangani, sehingga para petani tidak bisa mendapatkan suplay air untuk area sawah.

Mukim Layan, Razali dikonfirmasi wartawan, Selasa, 26 Desember 2023 mengatakan, bendungan irigasi di Gampong Blang Bungong yang rusak beberapa tahun lalu tersebut baru tertangani hari ini.

Warga dibantu salah satu anggota DPR Aceh, sudah berupaya menyelesaikan perbaikan sementara bendungan tersebut, sehingga suplay air untuk ratusan hektar lahan d,kemukiman tersebut mulai terpenuhi.

“Alhamdullah untuk sementara sudah berfungsi, ada bantuan alat berat dari Tgk Anwar, jadi orang ini (warga) bekerja terus memasang batang kelapa dan timbunan pasir,” ujar Razali.

Diakui Razali, petani Gampong Blang Jeurat, Pulo Baro dan sebagian wilkayah Pulo Masjid  serta Layan sempat putus asa tidak mendapatkan suplai air untuk membajak sawah.

“Sebagian wilayah di Tangse, sudah sebulan lebih lahan mereka digarap, tapi kami kemaren-kemaren masih tidak dapat pasokan air,” timpanya.

Pihaknya berharap bendungan irigasi tersebut segera ditangani secara permanen untuk memenuhi kebutuhan air untuk area persawaan di Kemukiman Layan, Kecamatan Tangse.

Razali bahkan pernah mendengar rencana kegiatan pembangangunan kembali bendungan di Gampong Pulo Bungong, namun sampai saat ini rencana kegiatan tersebut tidak kunjung terealisasi.

“Pernah mendengar akan diperbaiki, bahkan sudah ada anggaran, tapi tidak juga tertangani,” terang Razali.