Pergelaran Daulat Budaya Nusantara di Pidie, Teguh : Kabudayaan Pertahanan Terbaik Bangsa

Dr.Ir.Teguh Haryono tampil pada Pengelaran Daulat Budaya Nusantara di Komplek Pidie Convention Center (PCC) Sigli.

Sigli. nalurinews.com
– Pengelaran Daulat Budaya Nusantara di Komplek Pidie Convention Center (PCC) Sigli, Kabupaten Pidie, Aceh mendapat sambutan hangat dari masyarakat setempat.

Pertunjukan kolaborasi kesenian lokal dan nusantara menjadi daya terik tersendiri bagi pengunjung yang memadati arena petunjukan pada Jumat malam lalu, terlebih penampilan dari sejumlah budayawan nasional dan Aceh.

Penyelenggaran Daulat Budaya Nusantara, Dr.Ir.Teguh Haryono menyebutkan, pergelaran daulat budaya nusantara di Pidie berlangsung semarak dan penuh khidmat, ia pun menyampaikan terimakasih kepada masyarakat setempat.

Pergelaran kebudayaan nusantara, menurut Teguh merupakan bagian dari upaya budayawan dan seniman di Indonesia untuk merawat dan melestarikan warisan dari leluhur terdahulu.

“Pertahanan terbaik bangsa Indonesia adalah kebudayaannya, dan daulat budaya nusantara ini diselenggarakan sebagai bagian dari ruwatan atau memperbaiki kondisi) kebudayaan yang terkoyak,” ujar Teguh, Senin, 25 Desember 2023 disela-sela lawatanya ke Aceh.

Seperti diketahui, selain Teguh Haryono, sejumlah seniman dan budayawan nasional ikut memeriahkan daulat budaya nusantara di Aceh, diantaranya Gus Abdulloh Hamid, Gus Benny Zakaria K, Gus Paox Iben Mudhaffar dan Dalang Sujiwo Tejo.

Selain itu pelaku seni dan kesenian lokal Aceh juga tempil di panggung utama, seperti kesenian Ratoeh Jaroe, Tari Seudati, Tari Saman, Gema Sholawat, Seni Tutur Aceh, Serune Kalee.