Diangkat Jadi Ketua KPA Pidie, Usman Tambo Terget Menangkan PA

Ketua KPA Pidie, Tgk Usman Abdullah alias Usman Tambo

Sigli, nalurinwes.com
– Ketua Komite Peralihan Aceh (KPA) Pusat menunjuk Tgk Usman Abdullah alias Usman Tambo untuk memimpin KPA Kabupaten Pidie, setelah sebelumnya dijabat Bakhtiar Abdullah alias Madon.

Penujukan Usman Tambo sebagai Ketua KPA Kabupaten Pidie tertuang dalam ‘surat angkee’ (sura keputusan) nomor : 08/KPA/XII/ 2023 yang ditanda tangani Ketua KPA Pusat, Muzakir Manaf.

Kepada wartawan, Usman Abdullah mengaku mendapat amnat sebagai pimpian KPA di Kabupaten Pidie sebuah tugas sangat berat, apalagi jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Meski begitu, sebagai mantan kombatan GAM sekaligus eks Tripoli, Libiya, ia merasa setiap tugas yang diembankan pimpinan wajib dijalankan.

“Saya tidak pernah meminta jabatan ini, tapi karena sudah diperintahkan, saya harus jalankannya,” kata Usman, Sabtu 13 Januari 2024.

Sejak ditunjuk sebagai Ketua KPA Pidie, lanjut Usman dirinya mulai mencoba menyamakan persepsesi dengan seluruh sejumlah pimpinan dan pengurus wilayah (sagoe) di daerah itu.

Termasuk, terang Usman menjalin komunikasi dengan Ketua Partai Aceh (PA) Kabupaten Pidie, Sarjani Abdullah dan sejumlah pengurus partai setempat.

“Kita berharap, Partai Aceh kembali berjaya, makanya perlu dukungan dari mantan kombatan dan cendikiawan di Pidie untuk menyongsong kejayaan Aceh,” timpa Usman.

KPA sendiri merupakan sebuah organisasi yang terbentuk dari konsekwensi kesepakatan MoU Helsinki yang berisi mantan sayap militer GAM.

 KPA dibentuk untuk menjaga kendali dan sumber data atau informasi mengenai mantan GAM di Aceh.