Sepuluh Tahun Berturut Pidie Jaya Pertahankan WTP

Meureudu, nalurinews.com – Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI kembali menganjar opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Pidie Jaya tahun anggaran 2023.

Pemberian opini WTP tersebut menambah koleksi prestasi Kabupaten Pidie Jaya dalam pengelolaan keuangan daerah dalam sepuluh tahun terakhir.

BPK menyebutkan, bahwa pola pemeriksaan yang dilakukan pihaknya mengacu pada kesesuaian dengan standar akuntansi pemerintahan, efektivitas sistem pengendalian intern, serta kepatuhan terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan.

“Berdasarkan pemeriksaan yang telah dilakukan BPK atas LKP Kabupaten Pidie Jaya, termasuk implementasi atas rencana aksi yang telah dilaksanakan, maka BPK memberikan opini WTP,” terang Kepala Perwakilan BPK RI Perwakilan Aceh, melalui Kepala Sub Auditorat 1 Bapak Triana S.Sos, SST, S.Sos, M.I.L., ERMAP, Senin, 20 Mei 2024.

Sementara itu, Pj Bupati Pidie Jaya, Ir Jailani menyampaikan, predikat opini WTP yang diraih Kabupaten Pidie Jaya merupakan bentuk pertanggung jawaban atas pengelolaan keuangan negara oleh jajaran.

Ia pun mengapresiasi kenerja para kepala organisasi pemerintah daerah beserta jajarannya, karena capaian tersebut menueutnya buah dari kerja keras semua pihak dilingkungan pemerintah setempat, terutama periode Bupati Aiyub Abbas dan Wakil Bupati Dr Said Mulyadi SE. M.Si tahun 2014 lalu hingga 2024.

"Kami bertekat selalu mengikuti aturan, serta pedoman telah telah diterbitkan dalam pelaksanaan kegiatan untuk menjadi acuan bagi kami agar dapat menyiapkan LKPD menjadi lebih baik, akuntabel terukur dan terarah di masa yang akan datang, baik dalam pelaksanaan program dan kegiatan pemerintah, pembangunan serta kemasyarakatan," terang Jailani.

Pj bupati juga berharap berharap, prestasi tersebut bisa menjadi penyemangat dijajarannya, untuk terus menjadi kabupaten yang berkembang dengan masyarakatnya yang kian tumbuh sejahtera.

"Semoga dengan prestasi opini WTP ini bisa memacu kita untuk terus melakukan perbaikan-perbaikan, pembenahan-pembenahan dan ini bukti kesolidan sehingga perlu terus dipertahankan,” tutur Jailani. 

Turut hadir dalam penyerahan hasil pemeriksaan itu, Pj Sekda Pidie Jaya, Bahron Bakti ST, MT, Ketua DPRK Pidie Jaya, diwakili Saifullah S.H, para Asisten Setdakab Pidie Jaya, Plt Kepala BPKK Pidie Jaya, inspektur dan Kepala Bidang Prokopim Setdakab Pidie Jaya.